Akhirnya, Setelah Diprotes Masyarakat Jalan Penghubung Payakumbuh – Lintau Diperbaiki Juga

banner 160x600

Women face

Payakumbuh,--Kesal melihat akses jalan penghubung payakumbuh-lintau yang rusak tidak segera diperbaiki oleh pemerintah, warga nagari tanah sirah, Kecamatan payakumbuh timur, Kota payakumbuh melakukan aksi tanam pohon pisang pada, sabtu pagi (12/08/2017).Terlihat, ada 1 pohon pisang yang telah bertunas berdiri ditengah badan jalan yang rusak.

1502762334-Fakta Sumbar-22 Setelah Diprotes

Menurut warga, jalan yang menghubungkan antara payakumbuh-lintau itu rusak parah dalam dua tahun terakhir dan hingga kini sama sekali belum disentuh perbaikan oleh Pemerintah Kota maupun provinsi.

“Dulu pernah rusak, lalu diperbaiki selang tidak begitu lama sudah retak dan bolong-bolong lagi karena aspalnya memang tipis,” kata sati, salah satu tokoh masyarakat setempat kepada faktasumbar.com pada, sabtu (12/08/2017).

“Gatot,  warga lainnya mengatakan, kerusakan jalan ini sudah sangat membuat resah warga karena sering menyebabkan kecelakaan. Bahkan ketika hujan deras lebih rawan lagi, aspal bolong yang tertutup genangan air gampang membuat pengendara motor terpeleset dan jatuh dari motor.

“Harapan kami dengan aksi ini Pemkab kota maupun provinsi menjadi tahu keresahan warga dan segera melakukan perbaikan jalan ini,” harapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari warga setempat, aksi tanam pohon pisang yang dilakukan pada, sabtu  (12/08/2017) ini adalah aksi protes masyarakat terhadap pemerintah tak kunjung memperbaki akses jalan lintas ini.

1502762457-Fakta Sumbar-33 Setelah Diprotes

”Karena dengan Kondisi jalan tersebut sangat merugikan warga sekitar untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari ditambah dengan para penguna jalan, karena akan memakan waktu lama untuk melawatinya, kemudian akan merusak setiap kendaraan yang lewat."sambungnya dengan wajah kesal.

Satu Hari setelah disorot banyak pihak, dan di satir dengan tanaman pisang, akhirnya jalan rusak di ruas Payakumbuh-Lintau, kawasan Tanah Sirah, Aia Tabik, Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mulai diperbaiki pada, Minggu (13/08/2017).

Sebelumnya, salah satu awak media memberitakan, ada satir dari warga yang kecewa dengan akses jalan rusak di kawasan tersebut. Berbulan-bulan menunggu perbaikan, namun jalan tidak dipermak juga.

1502762510-Fakta Sumbar-44 Setelah Diprotes

Padahal, sudah tidak terbilang jumlah kasus lakalantas akibat kondisi jalan tersebut. Seakan negara tidak hadir, jalan rusak justru bertambah parah. “Padahal, jika Pemerintah hadir, jalan ini tidak akan semakin hancur,” kata warga kepada Media faktasumbar.com.

Puncaknya, Sabtu (12/08/2017), selama dua kali berturut-turut, warga menanam dua pohon pisang. Pisang yang ditanam pagi hari, itu masih kecil. Tingginya 40-an centimeter. Malam harinya, warga mengganti dengan pohon pisang lebih tinggi, hingga 1,5 sampai 2 meter.

Diduga tersindir dengan aksi itu, Minggu pagi, akses jalan tersebut baru diperbaiki. Ada dua unit alat berat dikerahkan, yang diyakini berasal dari Dinas Prasjal Tarkim Sumbar, ke lokasi itu.

Redaktur: Ryo/fs