Dana PKH Tahap Ke Empat Tahun 2018 Akan Mengalami Penurunan

banner 160x600

Women face

faktasumbar.com, (Payakumbuh)

Sebagai salah satu program penanggulangan kemiskinan di Kota Payakumbuh, Program Keluarga Harapan (PKH) yang sekarang memiliki kurang lebih 4094 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdata dalam 3 tahap pencairan terakhir, Dinas Sosial Kota Payakumbuh menyebutkan dana yang disalurkan pada tahap ke 4 di Akhir Desember nanti nampaknya akan mengalami penurunan.

Baca Juga: Peringatan HBN ke-70 di Payakumbuh, DANDIM 0306/50 Kota : Suburkan Lagi Semangat Untuk Bernegara

Ance Alviando, SST, MPSSp Kasi Jaminan Sosial didampingi Dira Zahara Koordinator Kota PKH Payakumbuh, Jum’at (30/11) di Kantornya mengatakan penurunan ini dikarenakan bukan karena anggaran dipotong atau dipangkas oleh instansi yang bersangkutan, tetapi karena akan digunakan lagi nanti untuk program PKH di tahun 2019 oleh pemerintah pusat karena nanti akan ada penambahan kuota KPM.

“Benar nanti pada tahap ke 4 nanti akan dikurangi penerimaannya, namun tidak sampai 1/4 dari yang diterima pada tahap-tahap sebelumnya, biasanya kan menerima Rp.500.000 dalam 3x tahapan, di tahap Akhir Desember ini akan sedikit berkurang,” ujar Ance.

Ance menyebutkan jumlah dana yang disalurkan Kemensos ada sebanyak Rp. 1.890.000 untuk tiap KPM dalam satu tahun dalam 2018 ini. Dan di ambil sebanyak 4 tahap per triwulan.

“Tahapan awal di bulan maret, tahapan kedua di bulan juni, tahapan ketiga di bulan mei, dan tahapan ke empat akan disalurkan ke rekening KPM PKH di akhir Desember,” ujar Ance.

Disebutkan lagi mengingat akan ditambahnya 1000 KPM di 2019 nanti, Ance menyebutkan kepada masyarakat agar jangan dikaitkan dengan isu politik tentang siapa saja masyarakat yang akan mendapatkan PKH ini, karena datanya sudah ada di Badan Pusat Statistik (BPS).

“Data yang diambil bersumber dari BPS, data ini akan diteruskan oleh TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) kepada Kementerian Sosial, maka tak ada yang namanya data usulan-usulan di tiap Kelurahan, dan tak ada juga yang namanya dekat dengan orang ini atau itu” tambahnya.

Dinas Sosial Kota Payakumbuh juga menginformasikan kalau 2019 nanti penerima PKH tidak lagi akan bersifat Flat, atau semua KPM menerima jumlah yang sama dalam 1 tahun.

“Jumlah anggaran yang KPM yang terima untuk PKH pada tahun 2019 nanti akan berbeda tergantung dari Jumlah Komponin Keluarga,” ujarnya.

“Dan juga bisa kami informasikan, jumlah Pendamping PKH yang ada di Kota Payakumbuh adalah 19 orang, jika di bandingkan dengan jumlah KPM yang berjumlah 4094, maka 1 orang Pendamping memiliki paling banyak 350 KPM, sangat tinggi sekali perbandingannya,” ujar Ance.

Ance berharap agar kedepannya jumlah Pendamping PKH dapat ditingkatkan dan Pemerintah agar bisa terus memfasilitasi kinerja Pendamping PKH untuk 2019 nanti. (**)