IWO Luak LimoPuluah: Hoax Musuh Bersama !

No comment 333 views
banner 160x600

Women face

faktasumbar.com, (Payakumbuh)

Ketua Dewan Etik IWO Luak Limopuluah Muhammad Bayu Vesky menyebut, hoax merupakan musuh bersama yang akan menjadi tantangan bagi pengurus IWO untuk melawannya.

Baca Juga: Kehadiran Pegawai Mendekati 100 Persen Irfendi Arbi: ASN Langsung Bekerja Cepat

“Kecepatan informasi (berita) yang disajikan media online sangat luar biasa. Untuk itu, media-media online di IWO Luak 50 perlu memperluas jaringan, terutama di media sosial dalam upaya melawan berita hoax,” ungkapnya di sela-sela ngopi bareng.

Bayu Vesky juga mencontohkan, pemberitaan media-media online soal pariwisata yang ada di kota payakumbuh dan kabupaten 50 kota seperti, Goa ngalau indah dan Lembah harau yang viral di media sosial dan menjadi perhatian berbagai pihak.

“Itu membuktikan berita-berita di media online yang dishare di media sosial memiliki pengaruh yang luar biasa. Jadi, kekuatan jaringan di media sosial sangat penting dalam jaringan di media sosial perlu diperkuat,” tegasnya.

Dengan jaringan yang luas dan menjangkau semua kalangan, kata Dewan etik IWO Luak 50 muhammad bayu Vesky, maka infomasi fakta yang diberitakan dapat mengalahkan informasi bohong.

"Kita yakin, Ketua IWO dan pengurus, dapat bekeja sesuai kaidah kaidah jurnalistik," kata Muhammad Bayu Vesky, Selasa (9/1/2018).

Keberadaan IWO menurut wartawan Harian Singgalang itu, ditujukan untuk menjawab pesimisme publik, terhadap keakurasian berita media online yang mengalir kencang belakangan.

"IWO didorong memfasilitasi dan mensupport, media online untuk terverifikasi," ulas Muhamamd Bayu didampingi Ketua IWO Rino Chandra dan Sekretaris IWO Rio briges.

Sehingga, nantinya produk jurnalistik yang dilahirkan di media online yang tergabung di IWO Luak Limopuluah, benar benar dapat dipertanggung jawabkan. "Karena kami menyadari IWO ke depannya, punya beban moral yang besar dalam melawan dan menangkal hoax," demikian Muhammad Bayu Vesky.(rb/fs)