Peringatan Harganas ke 24 dan Hari Anak Nasional WALIKOTA PAYAKUMBUH BERTEKAD TINGKATKAN PEMENUHAN HAK DAN PERLINDUNGAN ANAK

banner 160x600

Women face

Payakumbuh,--Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat kota Payakumbuh tahun 2017 diperingati dalam sebuah acara di Halaman Kantor Balaikota Payakumbuh di Bukik Sibaluik Jl. Soekarno Hatta, Rabu (13/9).

1505318561-Fakta Sumbar-2  penyerahan penghargaan berprestasi harganas oleh plt sekda amriul

Acara yang dihadiri oleh Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Plh. Sekretaris Daerah Amriul Dt. Karayiang, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Inf. Heri Sumitro, Kepala BNN Kota Payakumbuh, AKBP Firdaus ZN, Kadis DP3AKB Syahnadel Khairi, Kepala BKKBN Propinsi Sumbar diwakili oleh kepala KSPK Mardalenawati Yulia, pimpinan OPD, sejumlah Organisasi Wanita, undangan lainnya.

Plh. Sekdako Payakumbuh Amriul yang membacakan pidato sambutan Walikota Payakumbuh mengatakan anak adalah amanah yang harus kita jaga, pelihara, dan didik dengan baik. Sehingga hak mereka untuk mendapatkan pendidikan dan pengasuhan haruslah yang berkualitas agar terbentuk potensi masing-masing.

“Artinya membangun karakter mereka sedari dini perlu dilakukan. Dan yang perlu disadari pembinaan terhadap anak tidak terlepas dari kesadaran dan tanggung jawab semua pihak seperti orangtua, masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk itu momen peringatan hari anak tersebut kita isi dengan berbagai kegiatan positif, dengan tujuan dapat memberikan pemahaman dan menampung aspirasi serta harapan dari sang anak”, terang Amriul.

Menurut Amriul, Payakumbuh bertekad untuk meningkatkan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak serta kreatifitas anak dalam mendukung kota Payakumbuh sebagai Kota Layak Anak.

Disamping itu sehubungan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke 24, dikatakan Amriul, bahwa program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga menurut undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 menitik beratkan sasarannya pada pembangunan keluarga.

“Keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak sejak dilahirkan, oleh sebab itu pola pengasuhan orang tua dan keluarga akan menentukan karakter anak selanjutnya”, pungkas Amriul.

Senada dengan itu, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam mengatakan anak adalah calon generasi penerus bangsa, mereka perlu kita bina dan didik dengan baik. Apalagi saat ini, ancaman penyalahgunaan Narkoba menjadi bahaya yang amat serius.

1505318602-Fakta Sumbar-5  penyerahan penghargaan program ramah anak dari plt sekda amriul

“Bahaya Narkoba terhadap generasi muda saat ini sangat terlihat nyata, bahkan telah mengancam keberadaan sebuah bangsa dan dikenal dengan proxy war.

Untuk itu kewajiban kita bersama untuk membentengi mereka, baik dari segi agama, lingkungan, dan sekolah”, kata YB. Dt. Parmato Alam.

Peringatan Harganas tahun 2017 mengangkat tema Dengan Hari Keluarga Nasional, Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan. Dipenghujung acara diserahkan sejumlah penghargaan yang diraih oleh Kota Payakumbuh dan siswa-siswi dalam berbagai lomba dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2017.