TK Pembina Kecamatan Payakumbuh Utara Semakin Berbenah

No comment 284 views
banner 160x600

Women face

faktasumbar.com, (Payakumbuh)

TK Pembina Kec. Payakumbuh Utara yang terletak di Payonibung kelurahan TaratakPadang Kampuang merupakan TK Negeri yang menjadi ikonnya Nagari Koto Nan Gadang. Pembangunan TK. Pembina Kec. Payakumbuh Utara yang sudah dimulai tahun 2011, berdiri diatas tanah seluas 1500 m2 hibah dari keluarga besar H Murni Anwar.

Pemakaiannya dimulai tahun 2012 yang ditandai dengan penerimaan siswa baru perdananya yang saat itu dipimpin seorang Plt, Erni, S. Pd. Sebagai sebuah TK milik pemerintah, boleh disebut TK ini memiliki fasilitas lengkap dengan lingkungan yang rindang dan sejuk, layaknya sekolah negeri.

TMT 10 Januari 2014, TK Pembina Payakumbuh Utara ini dipimpin kepala defenitif, Desi Reni, S.Pd (57) hingga saat ini yang dibantu 2 guru ASN, 2 guru honerer dan 1 operator dan seorang penjaga. Saat kita dikunjungi diruang kerjanya, Sabtu (06/01/2018) Kepala TK. Pembina Kec. Payakumbuh Utara, Desi Reni menyambut kita penuh silaturrahmi serta mengajak kita berkeliling.

"Inilah TK kita, ikonnya Nagari Koto Nan Gadang satu-satunya TK Negeri dan insyaallah semua fasilitas lengkap termasuk ketersediaan komputer dan internetnya dalam membantu kelancaran tugas kita disini. TK ini menerapkan aturan pemerintah, serta bekerjasama dengan walimurid dan komite dalam memutuskan segala sesuatu yang terkait dengan kelancaran PBM. Selain itu, kita juga selalu mendapatkan pembinaan dari Pemko melalui Dinas, Kemenag, Dinas Kesehatan dan pihak terkait lainnya. Saat ini kita sedang usulkan bantuan dana untuk paving blok halaman serta pembuatan riol," terang santai Desi Reni.

Saat ini kita berupaya untuk peningkatan kompetensi guru, peningkatan jumlah murid dengan melakukan penyebaran fanflet, bahkan kita juga publikasikan di Radio Pass Payakumbuh. Saat ini kita lebih fokus dengan perekrutan siswa. Saat ini jumlah siswa kita 37 orang, mengisi 2 rombel dan diajar Novaria, Tri Agung Hariani, Surya Sesko dan kita sendiri.

PR kita saat ini, bagaimana 3 kelas yang tersedia dapat terisi siswa. Dalam mewujudkan niat ini, bersama pemerintah kelurahan kita sudah buat komitmen, supaya anak usia dini yang ada di Kelurahan Taratak Padang Kampuang bersekolah disini. Terkait prestasi, kita raih Juara II Lomba UKS di tingkat kota," papar panjang eks. Kepala TK Bundo Kanduang.

Ditambahkan gurunya, Yusra, "Saat ini sedang diajarkan Tema benda-benda di alam. Selain melaksanakan PMB sebagaimana telah diatur kurikulum PAUD, saat kita juga laksanakan pembinaan kesehatan, olahraga, senam, akhlak mulia, praktek ibadah, iqra', manasik haji dan kegiatan pembelajaran lainnya.

Semua kebijakan yang dilaksanakan di TK kita ini selalu kita koordinasikan dengan unsur terkait," imbuh. mantan Kepala TK Manunggal Payonibung. "Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan melalui Kepala UPTD Kec. Payakumbuh Utara Latina, Khairul yang kita hubungi di selulernya menerangkan bahwa keluarga besar TK Pembina Utara harus lahirkan berbagai inovasi.

"Di Payakumbuh kita punya 3 TK Negeri atau TK Pembina. TK Pembina Utara termasuk baru. Kita selalu menghimbau agar kepala dan guru lahirkan berbagai inovasi sebagai magnetik, sehingga walimurid tertarik memasukkan anaknya sekolah di TK. Pembina.

Tingkatkan selalu disiplin dan pelayanan terhadap siswa dan walimurid. Parenting juga telah kita gelar disini dan bekerjasama dengan Yayasan Minang Peduli. Guru negeri juga telah kita tambah di TK ini. Kita berharap masyarakat juga memberikan dukungan penuh dan peran serta aktif, sehingga aset daerah ini lebih berkembang. Kapan perlu, lakukan studi banding ke TK yang sudah maju. TK Pembina harus lebih "Wah", dan menjadi rujukan bagi TK yayasan. Mari kita terus berbenah," tukuk Khairul.(tim)